PENERAPAN PEMBERIAN TERAPI OKSIGEN DAN POSISI SEMI FOWLER DALAM MENGATASI MASALAH POLA NAPAS TIDAK EFEKTIF DI IGD

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ahmad Muzaki
Cornelia Pritania

Abstract

Latar belakang: Gagal jantung ialah suatu kondisi klinis atau serangkaian dari gejala yang di ketahui dengan dispnea serta keletihan. Yang ditimbulkan karena adanya edema paru sehingga jantung tidak dapat memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh, yang diakibatkan karena fungsi jantung tidak dapat bekerja dengan baik. Data dari tahun 2015 menentukan bahwa 45% hingga 70% dapat disebabkan pada komplikasi gagal jantung yang dapat menyebabkan kematian di seluruh dunia. Tujuan: Penelitian ini untuk menentukan perubahan pola nafas setelah dilakukan tindakan pemberian terapi oksigen dan posisi semi fowler. Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan cara menetapkan metode studi kasus yang dapat mengeksplorasi masalah Asuhan Keperawatan pada pasien yang mengalami gagal jantung kongestif. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perubahan pola nafas tidak efektif setelah di berikan tindakan terapi oksigen menggunakan NRM 10 liter/menit serta memposisikan klien dengan posisi semi – fowler  yang ditandai dengan status respirasi awal 28 x/menit dan 30 x/menit menurun menjadi 25 x/menit dan 26 x/menit. Kesimpulan: tindakan pemberian terapi oksigen dan posisi duduk dengan sudut 450 sebagai salah satu terapi yang dapat membantu menurunkan  dispnea menjadi berkurang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muzaki, A., & Cornelia Pritania. (2022). PENERAPAN PEMBERIAN TERAPI OKSIGEN DAN POSISI SEMI FOWLER DALAM MENGATASI MASALAH POLA NAPAS TIDAK EFEKTIF DI IGD. Nursing Science Journal (NSJ), 3(2), 139 - 145. https://doi.org/10.53510/nsj.v3i2.143

References

Aspani, RY. (2016). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Pada pasien Gangguan Kardiovaskuler : aplikasi Nic & Noc. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Azkalika, Alfiah. 2017. Asuhan Keperawatan Yang Mengalami Gagal Jantung Kogestif Dengan Ketidakefektifan Pola Nafas Di Ruang Aster RSUD Dr. Moewardi. Surakarta.
Kemenkes. 2014. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 2014.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Riskesdas 2015. Kementerian Kesehatan RI : Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan
Kasron, 2012. Buku Ajar Gangguan Sistem Kardiovaskular. Yogyakarta: Nuha Medika.
Melanie, R. (2014). Analisis Pengaruh Sudut Posisi Tidur dan Tanda Vital pada pasien Gagal Jantung di Ruang Rawat Intensif RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung
Nurarif , Amin H dan Hardhi Kusuma, 2016. Aplikasi Asuhan Keperawatan Diagnosa Medis Dan Nanda NIC-NOC. Yogyakarta: Mediaction Jogja.
PPNI, Tim Pokja SIKI DPP . (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. DPP PPNI. Jakarta Selatan.
Smeltzer,S. C., Bare,B. G.,2001, Buku Ajaran Keperawatan Medikal – Bedah. Brunner & suddarth. Vol.2.E/8”. Jakarta : EGC.