Pendidikan Kesehatan Tiga Konsep Tubuh yang Sehat Di Desa Krandegan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wahidin, Intan Nadilatussifa

Abstract

Abstrak: Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi seluruh umat manusia. Asupan zat gizi makanan, olahraga dan mengendalikan stress atau berpikiran positif pada seseorang dapat  menentukan  tercapainya  tingkat    kesehatan    yang baik. Data menunjukkan masyarakat yang kurang menjalani aktivitas fisik meningkat, dari yang tadinya 26,1% pada 2013 menjadi 33,5% pada 2018. Selain itu, persentase penduduk berusia di atas 5 tahun yang kurang makan buah dan sayur juga meningkat, dari yang tadinya 93,5% pada 2013 menjadi 95,5%. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini dengan Ceramah dan diskusi tanya jawab dengan Media power point, dan LCD. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang yang terdiri dari para ibu-ibu balita, ibu hamil dan kader posyandu. Hasil pengabdian masyarakat menunjukan peserta aktif, dan masyarakat sudah memahami 3 konsep tubuh yang sehat dan langkah-langkah yang telah diajarkan.


Abstract: Health is very important for all human beings. Nutritional intake of food, exercise and controlling stress or positive thinking in a person can determine the achievement of a good level of health. Data shows that people who are less physically active have increased, from 26.1% in 2013 to 33.5% in 2018. In addition, the percentage of people aged over 5 years who eat less fruit and vegetables has also increased, from 93 .5% in 2013 to 95.5%. The method used in this community service is lectures and question and answer discussions with power point media, and LCD. This activity was attended by 30 people consisting of mothers of toddlers, pregnant women and posyandu cadres. The results of community service show active participants, and the community has understood the 3 concepts of a healthy body and the steps that have been taught.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Wahidin, Intan Nadilatussifa

Editorial Office :
Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Purworejo | Jl. Purworejo - Kutoarjo Km 6.5 Grantung -Bayan - Purworejo - Jawa Tengah
Telp: (0275) 3140576 Fax: (0275) 3140576 | Email: info@akperkabpurworejo.ac.id
akperkabpurworejo.ac.id