PENTINGNYA TEAM BASED LEARNING (TBL) PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA TIM: A LITERATURE REVIEW

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wahyu Riyaningrum, Nur Isnaeni, Elsye Maria Rosa

Abstract

ABSTRAK


Latar Belakang: Metode pembelajaran Team Based Learning (TBL) sebagai salah satu metode pembelajaran yang saat ini banyak digunakan di negara maju. TBL dapat meningkatkan belajar mahasiswa dalam kerjasama kelompok, mahasiswa sangat terlibat aktif dalam proses kegiatan belajar untuk memecahkan masalah sambil mengembangkan kompetensi professional. Faktor internal TBL dipengaruhi oleh motivasi, pengendalian diri dan manajemen diri mahasiswa. Tujuan: Literatur review ini menganalisis tentang metode TBL terhadap kerjasama tim. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan study literature dengan menggunakan beberapa sumber yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi yang telah ditetapkan peneliti. Hasil: Delapan artikel dipakai dalam review. Menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam skor rata-rata mahasiswa yang dirasakan pada kerja tim. TBL memfasilitasi pembelajaran mahasiswa secara aktif melalui penggunaan kelompok kecil. TBL lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional. Kesimpulan: Metode Pembelajaran berbasis tim atau Team Based Learning (TBL) dapat mengembangkan kemampuan bekerjasama dalam tim dengan pendekatan pembelajaran yang mendorong mahasiswa untuk berperan aktif dalam melakukan proses belajarnya.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wahyu Riyaningrum, Nur Isnaeni, Elsye Maria Rosa. (2021). PENTINGNYA TEAM BASED LEARNING (TBL) PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA TIM: A LITERATURE REVIEW. Nursing Science Journal (NSJ), 2(1), 17-26. https://doi.org/10.53510/nsj.v2i1.51

References

Allen, R.E., Copeland, J., Franks, A.S., Karimi, R., McCollum, M., Riese, D.J., Lin, A.Y., 2013. Team-based learning in US colleges and schools of pharmacy. Am. J. Pharm. Educ. 77, 115.

Belbin., 2015. The Way Forward For Innovation Team. Journal of creativity and business innovation vol.1.

Cheng, C.-Y., Liou, S.-R., Tsai, H.-M., Chang, C.-H., 2014. The effects of Team-Based Learning on learning behaviors in the maternal-child nursing course. Nurse Educ. Today 34, 25–30.
https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.03.013

Gullo, C., Ha, T.C., Cook, S., 2015. Twelve tips for facilitating team-based learning. Med. Teach. 37, 819–824.
https://doi.org/10.3109/0142159X.2014.1001729

Gunanegara, R.F., Wahid, M.H., Widyahening, I.S., 2017. Comparison of Students’ Characteristics, Self-Motivation, and Readiness of Self-Directed Learning Implementation among Medical Students at Maranatha Christian University. J. Med. Health 1.

Huriah, T., 2018. Metode Student Center Learning Aplikasi pada Pendidikan Keperawatan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Jafari, Z., 2018. A Comparison Of Conventional Lecture And Team-Based Learning Methods In Terms Of Student Learning And Teaching Satisfaction 28, 8.

Lawasi, E.S., Triatmanto, B., 2017. Pengaruh Komunikasi, Motivasi, dan Kerjasama tim terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan. J. Manaj. Dan kewirausahaan 5.
https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i1.1313

Park, H.-R., Kim, C.-J., Park, J.-W., Park, E., 2015. Effects of team-based learning on perceived teamwork and academic performance in a health assessment subject. Collegian 22, 299–305.
https://doi.org/10.1016/j.colegn.2014.05.001

Pedoman Kurikulum., 2014. Asosiasi Institusi Pendidikan Ners. Indonesia

Ratta, C.B.D., 2015. Flipping the Classroom With Team-Based Learning in Undergraduate Nursing Education: Nurse Educ. 40, 71–74.
https://doi.org/10.1097/NNE.0000000000000112

Samad, A.A., 2014. Investigating The Implementation Of Team-Based Learning In A University Level Teacher Education Course. Int. J. Asian Soc. Sci. 9.

Stewart, R., 2007. Investigating the link between self-directed learning readiness and project-based learning outcomes. European Journal of Engineering education 32 (4) , 453-465

Tyas, L.W., 2017. Perbedaan Metode Team Based Learning Dengan Metode Ceramah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Keperawatan 6, 7.

Wong, A.K.C., Wong, F.K.Y., Chan, L.K., Chan, N., Ganotice, F.A., Ho, J., 2017. The Effect Of Interprofessional Team-Based Learning Among Nursing Students: A Quasi-Experimental Study. Nurse Educ. Today 53, 13–18.
https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.03.004

Wong, F.M.F., 2018. A Phenomenological Research Study: Perspectives Of Student Learning Through Small Group Work Between Undergraduate Nursing Students And Educators. Nurse Educ. Today 68, 153–158.
https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.06.013

Yunitasari, P., 2017. Pengaruh Pembentukan Kelompok Belajar Dalam Team Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Akademi Kesehatan Karya Husada Yogyakarta 12, 6.

Yunitasari, P., Iswantiningsih, E.E., 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Team Based Learning Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Tingkat Partisipasi Mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Akes Karya Husada Yogyakarta 8.