TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA KEPERAWATAN TERHADAP PENYAKIT HIV-AIDS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fajar Agung Nugroho

Abstract

Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah sejenis virus yang menyerang
sistem kekebalan tubuh pada manusia dan menyebabkan Acquired Immune Deficiency Syndrome
(AIDS). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2022) melaporkan pada Meret 2022 ditemukan
329.581 orang dengan HIV. Mahasiwa keperawatan memiliki resiko yang berhubungan langsung
dengan pasien HIV/AIDS. Resiko tertularnya HIV/AIDS dapat dihindari jika tenaga kesehatan saat
melaksanakan tindakan secara hati-hati dan menerapkan standar pencegahan umum. Sangat penting
bagi mahasiswa keperawatan untuk memahami konsep, penyebaran, pencegahan, dan pengobatan
HIV/AIDS. Tujuan: Mengetahui gambaran tingkat pengetahuan mahasiswa keperawatan terhadap
penyakit HIV/AIDS. Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan melibatkan 130
mahasiswa prodi keperawatan tingkat 2 di Universitas Muhammadiyah Gombong. Instrumen yang
digunakan adalah kuisioner tingkat pengetahuan perawat tentang penyakit HIV-AIDS dengan
jumlah pertanyaan sebanyak 30 pertanyaan dengan pilihan jawaban benar dan salah. Hasil:
Mayoritas tingkat pengetahuan pengetahuan responden terhadap penyakit HIV/AIDS sebagian
besar memiliki pengetahuan sedang sebanyak 65 responden (50%); dan 52 responden yang memiliki
pengetahuan tinggi (40%); serta 13 responden memiliki pengetahuan rendah (10%). Kesimpulan:
Sebanyak 130 responden memiliki pengetahuan tentang HIV/AIDS sebagian besar memiliki
pengetahuan dalam kategori sedang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Agung Nugroho, F. (2023). TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA KEPERAWATAN TERHADAP PENYAKIT HIV-AIDS . Nursing Science Journal (NSJ), 3(2), 170 - 177. https://doi.org/10.53510/nsj.v3i2.200

References

Baartman, L. K. J., & De Bruijn, E. (2011).
Integrating knowledge, skills and
attitudes: Conceptualising learning
processes towards vocational
competence. Educational Research
Review, 6(2), 125–134.
https://doi.org/10.1016/j.edurev.2011.
03.001
Bonacaro, A., Stroumpouki, T., Triglia, C.,
Vizilio, E., Stavropoulou, A.,
Papageorgiou, D., & Rubbi, I. (2022).
Nursing students’ attitudes on caring
for people living with HIV/AIDS. A
European Multicentre Study: Nursing
students’ attitudes and HIV. Acta
Biomedica Atenei Parmensis, 93(S2),
e2022191.
https://doi.org/10.23750/abm.v93iS2.1
2999
Bressan, V., Causero, G., Stevanin, S.,
Cadorin, L., Zanini, A., Bulfone, G., &
Palese, A. (2021). Nursing students’
knowledge of patient safety and
development of competences over their
academic years: Findings from a
longitudinal study. Slovenian Journal
of Public Health, 60(2), 114–123.
https://doi.org/10.2478/sjph-2021-
0017