AKTVITAS DAN KESEHATAN MENTAL REMAJA SELAMA LOCKDOWN PANDEMIC COVID-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Riza Yulina Amry, Debby Yulianthi Maria, Bety Agustina Rahayu, Sutono

Abstract

Pandemic Covid-19 mengharuskan remaja menjaga jarak dengan sosialnya. Adanya jarak fisik telah menyebabkan individu memutuskan interaksi sosial secara tidak sengaja karena memiliki kecenderungan untuk menghindari percakapan untuk membatasi pertemuan. Remaja sebagai makhluk social yang sedang pada masa perkembangan dalam mencari jati diri akan mengalami hambatan dalam berinteraksi.  Kondisi ini dapat menyebakan konflik pada kesehatan mental remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas dan kesehatan mental remaja selama lockdown pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif. Terdapat 15 partisipan remaja yang berumur 10-19 tahun yang ikut dalam penelitian ini. Pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisa tematik dengan langkah analisa dari Milles and Hubberman. Terdapat 4 tema yang menjadi aktivitas remaja selama lockdown pandemic Covid-19 seperti pembatasan interkasi, penggunaan handphone yang berlebih, kesulitan dalam pembelajaran daring, pembatasan kegiatan ibadah. Perubahan aktivitas yang dialami remaja ternyata memberikan dampak pada kesehatan mental pada remaja kecemasan tertular Covid-19, kebosanan atau kejenuhan hingga stress belajar. Adanya perubahan aktvitas selama lockdown pandemic Covid-19 dapat menimbulkan masalah kesehatan mental pada remaja.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Bety Agustina Rahayu, Sutono, R. Y. A. D. Y. M. (2022). AKTVITAS DAN KESEHATAN MENTAL REMAJA SELAMA LOCKDOWN PANDEMIC COVID-19. Nursing Science Journal (NSJ), 3(2), 100 - 109. https://doi.org/10.53510/nsj.v3i2.139

References

Adminc19. (2021). Update Data Sebaran Kasus Covid-19 Tanggal 18 Maret 2020. Retrieved March 20, 2021, from corona.bantulkab.go.id
Corona Jogja. (2021). Penyakit coronavirus (COVID-19). Retrieved March 20, 2021, from https://corona.jogjaprov.go.id/
Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. ISTIGHNA, 1(1), 116–133.
Kementerian Kesehatan RI, & Germas. (2020). Apa Yang Harus Dilakukan Masyarakat Untu Cegah Penularan Covid-19. Indonesia.
Massie, A. K. (2020). Kehadiran Tik Tok Di Masa Pandemi. Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad. Retrieved from https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3633854
News, B. (2020). Covid-19 Indonesia mencapai setengah juta kasus positif, 25% di antaranya ada di Jakarta. Retrieved March 20, 2020, from https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51850113
Nicola, M., Alsafi, Z., Sohrabi, C., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., … Agha, R. (2020). The socio-economic implications of the coronavirus pandemic (COVID-19): A review. International Journal of Surgery, 78(January), 185–193. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.04.018
Norkhalifah, S. (2020). Pandemi Covid-19 Pada Anak Usia Dini. Psikologi Universitas Lambung Mangkurat, 0–3.
Sabir, I., Nasim, I., Majid, M. B., Sadad, M., & Sabir, N. (2020). TikTok Addictions and Its Disorders among Youth of Pakistan. Scholedge International Journal of Multidisciplinary & Allied Studies, 07(06), 140–146. https://doi.org/10.19085/sijmas070602
Setiawati, E. (2010). Interaksi sosial dengan teman sebaya pada anak homeschooling dan anak sekolah reguler. Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 12(1), 6–7. Retrieved from file:///C:/Users/SONY-PC/AppData/Local/Temp/1135-3834-1-PB.pdf
Sulata, M. A., & Hakim, A. A. (2020). Gambaran Perkuliahan Daring Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Unesa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8, 147–156.
Turner, J. (2015). A Theory of Social Interaction. https://doi.org/10.2307/2579266
UNFPA. (2007). UNFPA Framework for Action on Adolescents and Youth. Retrieved from http://www.unfpa.org/publications/framework-action-adolescents-and-youth%5Cnhttps://www.unfpa.org/sites/default/files/pub-pdf/framework_youth.pdf
Wardani, N. (2020). Dampak Dari Kecanduan Bermain Aplikasi Tiktok. Retrieved March 20, 2021, from https://www.ampenannews.com/2020/12/dampak-dari-kecanduan-bermain-aplikasi-tiktok.html
Widyaningrum, N., Djayanti Putri, Y., & Wilopo. (2020). Gambaran Penerapan Physical Distancing Sebagai Upaya Menekan Persebaran Covid-19 Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 1. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 470–481.
World Health Organization, -. (2019). Coronavirus Disease ( Covid-19 ) Outbreak : Rights , Roles and Responsibilities of Health Workers , Including Key Considerations for Occupational Safety. World Health Organization (WHO), (December), 1–3.
World Health Organization (WHO). (2014). Orientation Programme on Adolesencent Health For Healthcare Providers. Switzerland: WHO. Retrieved from https://www.who.int/maternal_child_adolescent/documents/pdfs/9241591269_op_handout.pdf
Wulandari, C. S., Kholida, M., Kholisah, & Octaviani. (2020). Efektivitas Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Membantu Siswa Memahami Materi Pembelajaran Daring dari Sekolah. Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://kkn.unnes.ac.id/lapkknunnes/32004_3315162022_6_Desa _20200917_224312.pdf
Young, S. N. (2008). The neurobiology of human social behaviour: An important but neglected topic. Journal of Psychiatry and Neuroscience, 33(5), 391–392.
Yueniwati, Y. (2021). The Covidpedia Opini Refleksi Review Praktik Baik. (N. Susanti, Riskiyah, & Z. S. Ulhaq, Eds.). Malang: Media Nusa Creative.